PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN KONVENSIONAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RENANG GAYA BEBAS PADA PESERTA DIDIK SMA DI KOTA PALOPO

Ahmad Ahmad, M.Iqbal Hasanuddin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi yang di akibatkan oleh pengaruh media audio visual dan konvensional dalam meningkatan hasil belajar renang gaya bebas. Sedangkan target khususnya adalah; a) Untuk mengetahui pengaruh media audiovisual dalam meningkatan hasil belajar renang gaya bebas pada peserta didik SMA di Kota Palopo; b) Untuk mengetahui pengaruh konvensional dalam meningkatan hasil belajar renang gaya bebas pada peserta didik SMA di Kota Palopo.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, karena yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen lapangan. Metode eksperimen adalah metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh treatment tertentu (perlakuan) dalam kondisi yang terkontrol. Dalam penelitian ini menggunakan pretest dan postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA di Kota Palopo sebanyak 200 orang yang terdiri dari putra dan putri. Jadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa putra kelas XI SMAdi Kota Palopo sebanyak 45 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Ada pengaruh signifikan penggunaan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar renang gaya bebas pada peserta didik di SMA Kota Palopo yaitu di peroleh t-hitung sebesar 9,869 > t-tabel 2,145 sedangkan nilai signifikan 0,000 < α 0,05. Karena tingkat signifikan lebih kecil dari pa da 0,05, maka ada pengaruh yang signifikan data pretest dan posttest kelompok perlakuan media visual dalam meningkatkan hasil belajar renang gaya bebas pada peserta didik SMA di Kota Palopo. 2) Ada pengaruh positif penggunaan konvensional dalam meningkatkan hasil belajar renang gaya bebas pada peserta didik di SMA Kota Palopo yaitu di peroleh t-hitung sebesar 4,583 > t-tabel 2,145 sedangkan nilai signifikan 0,000 < α 0,05. Karena tingkat signifikan lebih kecil dari pada 0,05, maka ada pengaruh yang signifikan data pretest dan posttest kelompok perlakuan konvensional dalam meningkatkan hasil belajar renang gaya bebas pada peserta didik SMA di Kota Palopo.

Keywords


renang gaya bebas, media audio visual, konvensional.

Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Darmadi Hamid. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. ALFABETA.

HaryokoSapto. (2009). Jurna Edukasi@Elektro. Makassar: UNM Makassar.

Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. (2008). Pedomandan Menteri Pelatihan Pelatih Tingkat Muda. Republik Indonesia: Deputi Bidang Peningkatan Prestasi dan Iptek Olahraga.

Siadari Masta Fransiska. (2011). Efektivitas Model Pembelajaran Contexstual Teaching Learning Tipe Kontrukstivisme. Tersedia di http://www.word-to-pdf-converter.net.Di akses tanggal 18 Maret 2017.

Sugiyono.(2012). MetodePenelitianKombinasi. Bandung: CV. ALFABETA.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PEDAGOGIA.

Susanto Ermawan. (2009). Jurnal Ilmiah Pendidikan. Yogyakarta: Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia DIY dan LPM Universitas Negeri Yogyakarta.

-----------------. (2010). Jurnal Penelitian Pendidikan. Surakarta: Paedagogia.

Thomas David G. (2007). Renang Tingkat Mahir. Jakarta: PT. RAJA GRAFINDO PERSADA.

WiradanaGde I Wayan. (2012). Pengaruh Strategi Konflik Kognitif Dan Berpikir Kritis Terhadap Prestasi Belajar. Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Tersedia di weblembongan@yahoo.co.id.Di akses tanggal 18 Maret 2017.

Yamin Martinis. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.


DB Error: Table 'k3417868_ojs.referrals' doesn't exist

ojs2: DB Error: Table 'k3417868_ojs.referrals' doesn't exist