PENINGKATAN TEKNIK DASAR SEPAK SILA DALAM SEPAK TAKRAW MELALUI ALAT BANTU KICKING PAD

Awaluddin Awaluddin, Muhammad Janwar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan teknik dasar sepak sila dalam permainan sepak takraw melalui modifikasi alat bantu kicking pad pada siswa SMP Negeri 19 Makassar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research). Penelitian dilaksanakan dari bulan April sampai September 2019. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Subjek penelitian adalah siswa SMP Negeri 19 Makassar kelas IX-C terdiri dari 30 orang siswa. Teknik analisis data yang di gunakan menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan teknik dasar sepak sila siswa meningkat pada setiap siklusnya, yaitu pada siklus  I adalah terdapat 6, 66% atau 2  siswa dalam skala 4 (baik), 23,33% atau 7 siswa dalam skala 3 (sedang) dan 50% atau 15 siswa skala 2 (kurang), serta 20% atau 6 siswa skala 1 (kurang sekali), sedangkan pada siklus II terdapat 9,52 atau 2 siswa dalam skala 4 (baik), 90% atau 19 siswa dalam skala 3 (sedang) dan tidak ada siswa lagi dalam skala 2 atau kurang maupun kurang sekali. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peningkatan teknik dasar sepak sila melalui modifikasi alat bantu Kicking pad pada kelas IX-C siswa SMP Negeri 19 Makassar pada setiap siklus I dan Siklus II.


Keywords


Alat bantu; kicking pad; tenik dasar sepak sila; sepak takraw

Full Text:

PDF

References


Apriadi, D., Hidayatullah, M.F., & Purnama,S.K. (2018). Perbedaan Pengaruh penggunaan Alat Bantu Matras Lebih Tinggi dan Matras Gulung Terhadap Peningkatan Keterampilan Handsrping. Jurnal Sportif : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 4, 1-14

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arthadewa, M. (2017). Pengembangan model Permainan sepak takraw sebagai pembelajaran pendidikan jasmani bagi anak SD Kelas atas. Jurnal Keolahragaan, 5(1), 50-62. doi:http://dx.doi.org/10.21831/jk.v5i1.12804

Azhar Arsyad. (2013). Media Pembelajaran. Rajawali Pers

Bambang Tri Hatmoko, Kahan Tony Hendrawan. (2017). Modifikasi Pembelajaran Media Bola Gantung untuk meningkatkan Hasil Belajar Sepak Mula Bawah (servis) Sepak Takraw pada peserta Didik Kelas V SDN Terusan 3 Gedeg Mojokerto. Prosiding. Seminar Nasional Hasil Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran STKIP PGRI Jombang Jawa Timur, Indonesia ; 297-3015

Hakim, Azis Abdul, dkk. (2007). Sepak Takraw. Surabaya: Unesa University Press.

Hanif, Achmad Sofyan. (2017). Kepelatihan Dasar Sepak Takraw. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Munawaroh. (2013). Panduan Memahami Metodologi Penelitian. Malang: Inti Media.

Pratama, D. S. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Materi Sepak Takraw Dengan Metode Tgt (Teams Games Tournaments) dan Recyprocal Style. Jendela Olahraga. https://doi.org/10.26877/jo.v3i2.2514

Rahayu, Ega Trisna. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Implementasi pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Riyanto, I. A. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Sepak Sila Dalam Sepak Takraw Melalui Penerapan Media Alat Bantu Pada Siswa Kelas V SDN III Jatirejo Girimarto Wonogiri Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi Universitas Sebelas Maret.

Suherman, Adang dan Bahagia, Yoyo. (2000). Prinsip-prinsip Pengembangan dan Modifikasi Cabang Olahraga. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan dasar dan Menengah

Susana, A. (2013). Penggunaan media pelatihan bola modifikasi terhadap hasil prestasi sepak sila pada ekstrakurikuler sepak takraw (studi pada peserta ekstrakurikuler smp negeri 3 srengat kabupaten blitar). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 1(1).

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Bab 2 Pasal 3 tentang Manfaat dan Tujuan.

Winarno, M.E. (2006). Dimensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang : Universitas Negeri Malang


DB Error: Table 'k3417868_ojs.referrals' doesn't exist

ojs2: DB Error: Table 'k3417868_ojs.referrals' doesn't exist