GYMNASTIC ACTIVITY CARDS TERHADAP MOTOR ABILITY SISWA SDN KOMPLEKS IKIP 1 MAKASSAR

Ferawati Ferawati, Kurnia Rusli

Abstract


Kemampuan motorik dibutuhkan dalam mengembangkan kesanggupan anak untuk mempertinggi daya kerja. Asumsi bahwa kebutuhan motorik anak akan terpenuhi di lingkungan sekolah dengan adanya kurikulum Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan perlu dibuktikan melalui kualitas motorik yang dimiliki. Antusias bergerak bebas seringkali membuat siswa acuh terhadap instruksi gerak yang benar. Dampaknya berupa salah tafsir akan instruksi guru, perhatian tidak terpusat dan kurang paham akan tugas gerak karena apa mereka dengar dan  alami, terpisah dalam pembentukan konsep gerak. Penggunaan media dalam pembelajaran sangat membantu guru dalam menyajikan materi yang akan disampaikan, mengefektifkan komunikasi dan interaksi antar guru dan siswa dalam proses pembelajaran.  Media yang digunakan berupa activity cards atau kartu bergambar gerakan senam dengan beragam tema yang diterapkan dalam pembelajaran senam. Tujuan Penelitian  ini untuk melihat pengaruh gymnastic activity cards dalam meningkatkan motor ability siswa SDN Kompleks IKIP I Makassar. Dengan muatan tugas gerak senam yang mengembangkan  kemampuan lokomotor, non lokomotor dan gerak manipulatif. Metode yang digunakan adalah pre eksperimen dengan pretest posttest design. Pengukuran data motorik melalui tes lari 40 meter, tes zig zag run, tes wall pass, tes stork stand balance, dan tes standing broad jump pada 40 orang sampel. Data menunjukkan nilai thitung = 2,25 > dari   ttabel = 2,022 dengan nilasignifikansi 0,03 < α 0,05 jadi dapat diartikan pembelajaran menggunakan Gymnastic activity Cards yang diberikan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motor ability siswa.

.


Keywords


Senam,Motor Ability; Media Visual; Activity Card

Full Text:

PDF

References


Ananditha, Aries Candra. 2017.Faktor-Faktor yang berhubungan dengan perkembangan motorik kasar pada anak Todler. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah,2(1).Hlm 109-117

Ardiansyah, Firman. 2016. Kemampuan Motorik Dasar Siswa Kelas IV dan V SDN Keraton Yogyakarta.Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Hlm 1-9

Australian Sport Commision. 2009.Gymnastic Companion Book. Active After Schol Communities Playing for Life. Australia: Paragon Printers

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera

Gilakjani,A,P & Masomah,A,S.2011. The effect of visual auditory and kinaesthetic learning style. International conference on social science and humanity. IPEDR Vol 5. , Singapore:IACSIT press

Graham, George.,dkk.2008 Children moving.A Reflective Approach to Teaching Physical Education.NewYork:McGraw-Hill companies

Sjafrina, R,N.,& Hartoto,S. 2014. Survey Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Dasar.Jurnal pendidikan olahraga dan kesehatan. Volume 02 Nomor 3.709-714.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, da Kombinasi (Mixed Methodes). Bandung: Alfabeta

Thomas, Katherine T.,dkk. 2008.Physical Education methode for elementary teachers. USA: Human kinetics

Thompson, K., & Robinson, D. (2016). Gymnastics for every student. Physical & Health Education Journal, 82(2), 1.

Usluoglu, Z., & Mirzeoglu, A. D. (2017). Views towards Physical Activity Cards and the Effects of Cards on Students' Attitudes. Pamukkale Journal of Sport Sciences, 8(2).


DB Error: Table 'k3417868_ojs.referrals' doesn't exist

ojs2: DB Error: Table 'k3417868_ojs.referrals' doesn't exist